Himpunan Mahasiswa Magister Pendidikan Matematika (HIMMAGDIKA) FKIP Universitas Syiah Kuala mengadakan Kuliah umum dan MUBES

Kuliah umum dan Mubes dengan tema “Mewujudkan Pendidikan Matematika Sebagai Wadah Berprestasi dan Berkarya” dilaksanakan pada hari Sabtu (16/11/2019) di Auditorium Lama Lantai 2 FKIP Unsyiah dengan pemateri Guru berprestasi Tingkat Nasional yang merupakan Alumni Prodi Prodi Magister Pendidikan Matematika (MPMAT) , yaitu Ibu Erna Wirda S.Pd M.Pd (Guru SDN 1 Banda Aceh) dan Bapak Feri Irawan S.Si. M.Pd (guru SMKN 1 Bireuen).

Narasumber Kuliah Umum sedang memberikan tips-tips untuk berprestasi

Imam Muslim selaku ketua panitia mengatakan bahwa guru tidak hanya dilahirkan untuk menjadi generasi yang bisa diteladani oleh siswa, akan tetapi generasi yang juga mampu berprestasi dan mengukir banyak karya untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

Koordinator Prodi MPMAT, Ibu Dr. Rahmah Johar, M. Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud dari silaturahmi antara prodi dengan alumni, sehingga alumni yang telah berhasil dan berprestasi dapat berbagi dan memotivasi adik-adik letingnya supaya mengikuti jejak mereka. Kegiatan ini juga merupakan perwujudan dari visi Prodi MPMAT yaitu “menjadi program studi yang berkarakter, inovatif, mandiri, dan terkemuka dalam bidang pendidikan matematika di Asia Tenggara pada tahun 2019”.

Bapak Amran, S. Ag, M. Pd sebagai Ketua Himpunan Alumni Magister Pendidikan Matematika (IKAMAGDIKA), sekaligus Wakil Kepala SMAN 3 Banda Aceh menyampaikan bahwa alumni terus menjalin kerjasama dengan Prodi MPMAT seperti mengundang dosen MPMAT dan mahasiswa MPMAT memberikan materi pada MGMP ataupun pelatihan, memberikan sumbangan ke prodi dalam bentuk buku dan fasilitas. Ibu Dr. Rahmah sebagai koordinator Prodi selalu berkoordinasi dengan alumni dalam hal berbagi pengalaman dalam inovasi berkaitan dengan pembelajaran matematika. Beliau juga sering mengundang alumni untuk menghadiri workshop ataupun seminar yang diadakan oleh prodi MPMAT, imbuhnya.

Ketua Jurusan Pendidikan Matematika, Dr. M. Ikhsan, M.Pd mengatakan bahwa acara seperti ini hendaknya dirutinkan dan dibuat berkelanjutan agar mahasiswa Magister Pendidikan Matematika menginspirasi dan berprestasi untuk masyarakat umum, sehingga mampu meningkatkan pendidikan di Indonesia terutama di Provinsi Aceh.

Sementara Erna Wirda dalam paparannya sebagai narasumber mengatakan bahwa “Matematika membuat hidup menjadi lebih mudah. Bahkan dengan matematika, kita bisa jalan jalan keliling dunia dengan gratis, yang sebelumnya saya juga tidak menduga.

Erna Wirda, S.Pd, M.Pd memberika tips untuk berprestasi

“Matematika membuat kita berkembang. Jika kita ingin berkembang, kita harus berada satu Langkan di depan orang lain. Gagal bukan masalah, yang penting kita mencoba,” pungkasnya. Ibu Dr. Rahmah dan dosen di MPMAT sudah menempa kami sehingga kami terpacu untuk terus maju.

Feri Irawan sebagai narasumber kedua juga mengatakan hal serupa “tidak masalah kita tinggal di desa, namun karya dan prestasi kita harus go internasional. Setiap prestasi perlu dipersiapkan secara matang agar kita mampu bersaing dengan negara lain,” ujar juara 1 guru berprestasi SMK provinsi Aceh ini. Saya bangga menjadi almamater dari prodi MPMAT karena pengalaman selama kuliah di MPMAT menjadikan inspirasi bagi saya untuk terus berprestasi

foto bersama
foto bersama ketua panitia, narasumber, dosen dan ketua jurusan pendidikan matematika
Ketua sidang MUBES
Para mahasiswi (a) mendengarkan paparan Pak Very Irawan, S.Pd.I, M.Pd

Kontributor : Rahmah Johar

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *